50 Tahun Mungkin Tak Cukup (2)

Di depan youth hostel tempat kami menginap, terbentang Sungai Mein yang sangat jernih, jauh dari kesan terkena polusi, atau limbah pabrik, atau bahkan sekedar potongan sampah yang mengapung. Tampak beberapa kelompok unggas liar yang bebas berenang di sungai itu. Mereka seolah nyaman di tengah-tengah kemegahan kota. “Luar biasa hebat, bagaimana masyarakat negeri ini mampu menjaga dan melindungi ekosistem mereka sendiri”. Terlintas dalam benak, bagaimana kondisi Sungai Ciliwung di Jakarta, atau Sungai Cikapundung di Bandung. Unggas-unggas liar di pedalaman Pulau Jawa saja sudah sulit ditemui, apalagi di tengah kota. Semua punah diburu oleh manusia rakus.

Di pagi yang sangat dingin, meski saat itu puncak musim panas di Eropa, aku beserta rombongan bersiap-siap untuk mengikuti seminar hari pertama di Universitas Frankfurt (J.W. Goethe University). Kami berjalan kaki beberapa ratus meter, menuju halte bus kota terdekat. Tidak jauh dari halte, tampak seonggok benda elektronik, mirip mesin ATM. Ternyata itu adalah mesin yang mencetak tiket untuk naik bus kota. Anda harus memasukkan beberapa koin, sesuai tarif yang berlaku, untuk mendapatkan tiket. Tidak ada orang yang mengawasi anda di situ. Jadi, jangan takut kalau terlihat gaptek..🙂

Saat berada di dalam bus kota, ku perhatikan, tak ada satu pun kondektur. “Lantas, siapa yang akan mengecek tiket ini?”. Aku pikir, ah, mungkin pas turun dari bus, kita harus menyerahkan tiket itu ke sopir. Lagi-lagi dugaanku keliru. Aku lihat penumpang yang turun, ternyata mereka langsung turun. Begitu pun saat giliran kami turun. “Emang gak ada yang ngecek tiket kita?”, aku tanyakan pada dosenku yang memang lulusan Jerman. “Tidak ada.” “Kalau kamu ketinggalan dompet atau lainnya, kamu tinggal balik lagi. Dompet kamu pasti masih ada di situ.” Lanjutnya.

“Really..?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s